Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN PATAS

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan melalui Kegiatan Gema Muharram 1436 Hijriyah di MAN Patas

(Buleleng, MAN Patas)-Tahun baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah sebagai awal kebangkitan umat Islam di seluruh dunia. Peringatan 1 Muharram 1436 Hijriyah diperingati di MAN Patas selama dua hari. Peringatan 1 Muharram ini mengambil tema dengan memperingati 1 Muharram 1436 Hijriyah kita optimalkan kreativitas generasi ulil albab. Ada pun tujuan kegiatan ini, yakni meng-upgrade  diri untuk lebih cinta dan bangga terhadap budaya Islam, menumbuhkan sikap muhasabah terhadap kualitas dan kuantias amaliyah sholeh, mengoptimalkan fastabiqul khairat sebagai wujud pemaknaan terhadap hijrah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, serta sebagai sarana kreativitas dan pencarian bakat peserta didik berprestasi.
kegiatan muharram 1436

Peringatan 1 Muharram 1436 H dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2014. Pada Senin (27/10) kegiatan diisi dengan lomba-lomba. Lomba yang diadakan dalam memperingati              1 Muharram yakni lomba bahasa Arab, lomba bahasa Inggris, dan lomba kaligrafi. Ketiga lomba tersebut, dimulai pukul 08.30 WITA dan berakhir pada pukul 11.30 WITA. Lomba diikuti oleh perwakilan kelas X, XI, XII IPA 1, IPA 2, IPS 1, IPS 2, AGAMA, IPB. Setiap kelas mengirimkan 3 siswa sebagai perwakilan. Peserta lomba berjumlah 54 orang. Tempat penyelenggaraan lomba ada tiga tempat, yakni lomba bahasa Arab di mushola MAN Patas, lomba bahasa Inggris di wantilan MAN Patas, dan lomba kaligrafi di kelas XII IPS 1.

Puncak peringatan 1 Muharram 1436 Hijriyah yakni pengajian akbar. Pengajian akbar dilaksanakan pada Selasa (28/10) di GOR MAN Patas pada pukul 09.00-11.00 WITA. Pengajian akbar diikuti oleh seluruh peserta didik MAN Patas, dewan guru, pegawai MAN Patas, serta tamu undangan kepala MI, MTs, dan MA se-Kecamatan Gerokgak. Pengajian akbar diisi oleh ketua MUI Kabupaten Buleleng, Bapak H. Abdurrahman, L. C. Praacara dimeriahkan oleh hadrah kontemporer MAN Patas yang disambut meriah oleh seluruh peserta pengajian akbar. Ada tiga pokok yang bisa diambil sebagi catatan peserta pengajian akbar, yakni teruslah mencari ilmu tetapi jangan mencari ijazah. Jika kita mencari ilimu, ijazah pasti kita dapatkan. Sebaliknya, jika kita hanya mencari ijazah, ilmu belum tentu kita dapatkan. Hubungannya dengan kemaslahatan umat bahwa Islam tidak bisa ditolong oleh orang-orang bodoh. Pokok kedua, selagi kita memiliki orang tua, jangan pernah bosan-bosan meminta keridhoan orang tua karena ridho Allah bergantung pada ridho orang tua.  Pokok yang ketiga, yakni tugas guru dan orang tua menjadikan anak-anak kita sebagai ulul albab karena ilmu yang diajarkan dan digunakan secara terus-menerus bisa mengalirkan pahala kepada yang mengajarkannya. Pengajian ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak H. Abdurrahman, L. C.

Acara terakhir diisi dengan pengumuman pemenang lomba. Juara pertama lomba bahasa Arab diraih oleh Meri Cahyani kelas X IPA 1, juara kedua diraih Irfan Rosadi kelas X IPA 2, dan Ibrohim Kholilullah wakil kelas XII IPA2 sebagai juara ketiga. Suhva Mia kelas XII IPA2 meraih juara pertama dalam lomba pidato bahasa Arab, juara kedua diraih oleh Amalia Nur Faiza kelas X IPA2, dan Nanda Indira kelas XI IPA2 juara tiga. Lomba yang ketiga yakni kaligrafi. Juara pertama diraih oleh Nida Ayu Jamilah kelas XI IPA1, Agus Ashadi kelas XI Agama juara dua, dan juara ketiga diraih oleh M. Yahya kelas XI IPS1. Lomba Blog dan Bisnis Online

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Patas adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply