Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN PATAS

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » KEGIATAN PEMAHAMAN KONSERVASI GERAKAN PRAMUKA

Minggu, 2 November 2014, puluhan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali, yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Saka Wana Bhakti dan Saka Bahari MAN Patas melaksanakan kegiatan pemahaman Konservasi di Pulau Menjangan Balai Taman Nasional Bali Barat.
observasi hewan dan tumbuhan

            Di Pulau Menjangan, siswa-siswi berkesempatan untuk mengamati upaya-upaya konservasi terhadap pohon Sentiqi, hewan Menjangan, dan beraneka jenis burung. Semuanya hidup aman dan damai bebas dari penjarahan dan perusakan. Selain itu kondisi terumbu karang dan ikan-ikan yang tersebar di bawah permukaan laut sangat bagus terawat. Untuk melakukan pengamatan terumbu karang dan ikan-ikan di dalamnya, diperlukan teknik khusus skin diving/snorkeling, yaitu teknik selam dasar tanpa mempergunakan tabung oksigen. Teknik ini telah dilatihkan secara khusus kepada para anggota Pramuka oleh para instruktur selam yang berpengalaman dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Sebelum terjun ke laut dilakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap arah pergerakan arus laut, kecepatan arus laut dan kedalaman air.

                Inti dari kegiatan pemahaman konservasi ini adalah seluruh anggota Pramuka melakukan bersih-bersih pesisir pantai (clean up) di Pulau Menjangan dalam rangka menjaga agar pesisir pantai tetap bersih lestari dan selalu menjadi daya tarik bagi siapapun. Diharapkan melalui kegiatan pemahaman konservasi ini bisa mengembangkan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka MAN Patas tentang pentingnya arti konservasi alam.

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Patas adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply