Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN PATAS

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » Warna-warni MOS MAN Patas 2014

Masa Orientasi Siswa Baru atau yang sering disebut dengan MOS sudah tidk asing asing lagi di telinga peserta didik baru. MOS merupakan masa-masa pengenalan dan penyesuaian siswa dengan lingkungan sekolah yang baru. Tidak terkecuali MAN Patas. Setiap awal pembelajaran MAN Patas selalu melaksanakan kegiatan MOS. Pada tahun ajaran 2014/2015, MOS di MAN Patas dilaksanakan selama tiga hari pada 14-16 Juli 2014. Ada yang berbeda pada MOS pada tahun ini karena bertepatan dengan bulan Ramadhan 1435 H. Walaupun demikian siswa baru sangat antusias mengikuti kegiatan yang telah disusun oleh panitia MOS.

mos man patas 2014

MOS dibuka oleh Bapak H. Moh. Anwar, S. Pd., M. Pd., selaku kepala MAN Patas. Peserta MOS diikuti sebanyak 188 siswa baru. Peserta MOS dibagi menjadi empat kelompok, yakni Gugus Abu Bakar, Gugus Umar, Gugus Usman, dan Gugus Ali. Setiap gugus terdiri atas 49 siswa yang telah dipilih secara acak oleh OSIS. Tujuan pemilihan pemilihan anggota kelompok secara acak yakni agar siswa baru mampu membaur dan bersosialisasi dengan siswa yang berasal dari sekolah lain, tutur Dimas Prasetya selaku ketua OSIS. Perlengkapan yang wajib dibawa setiap siswa baru berupa name tag, toga dan mengganti tali sepatu dengan tali rafia. Warna toga dan tali rafia inilah sebagai pembeda antara kelompok satu dengan kelompok lainnya. Toga tersebut dibuat dari kertas karton.

Selama tiga hari siswa diberikan materi pembekalan. Tempat penyampaian materi yakni di ruang kelas dan di GOR. Materi pembekalan saat MOS antara lain visi-misi MAN Patas, ta’lim muta’allim, pengenalan sekolah, sosialisasi tata tertib MAN Patas, narkoba dan HIV/AIDS, sosialisasi OSIS, dan kewirausahaan. Untuk menyegarkan suasana di sela-sela pergantian materi, pihak OSIS menyiasati dengan game berupa permainan konsentrasi. Permainan ini terbukti dapat membangkitkan semangat untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Selain mengikuti materi, peserta MOS mendapat tugas tambahan yaitu mencari tanda tangan anggota OSIS. Tugas ini bertujuan agar siswa baru mengenal kakak-kakak OSIS dan mengukur seberapa besar tanggung jawab setiap siswa dalam menyelesaikan tugas tersebut, tegas ketua OSIS.

Memasuki hari ketiga pelaksanaan MOS yakni pada 16 Juli 2014, kegiatan MOS ditutup  setelah materi selesai. MOS ditutup oleh Bapak H. Moh. Nur Kholiq selaku ketua komite MAN Patas. Dengan berakhirnya kegiatan MOS, secara resmi peserta MOS telah menjadi bagian dari siswa MAN Patas. Selamat bergabung dengan keluarga besar MAN Patas bagi peserta didik baru. Mari berkarya lewat prestasi.

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Patas adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply