Ads

Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Video

Berita MAN PATAS

Informasi Madrasah

Berita Terhangat

Kegiatan

» » » Sosialisasi HIV Aids oleh Tim Bali Spirit Festival

Ayo mulai berbicara sekarang dan belajar bantu cegah HIV dan AIDS. Itulah judul poster yang tertempel di ruang GOR MAN Patas. Kegiatan ini terlakasana pada Senin, 11 Agustus 2014 mulai pukul 09.00-14.00 WITA. Penyelenggara kegiatan ini yakni Bali Spirit Festival bekerja sama dengan MAN Patas. Sebanyak 61 siswa MAN Patas sebagai peserta sosialisasi. Siswa sangat antusias mengikuti sosialisasi. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bapak Edy Purnomo selaku Waka Kesiswaan MAN Patas. Kegiatan diharapkan mampu memberikan informasi dan pendidikan, sehingga dapat menanamkan proses pemahaman, menekan tingkat penyebaran narkoba, HIV dan AIDS, serta mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Selama kurang lebih dari lima jam sosialisasi ini berlangsung. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diisi dengan pretest. Ada 15 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan peserta sosialisasi. Pertanyaannya berisa seputar pengetahuan secara umum tentang HIV dan AIDS. Sesi kedua yakni materi. Sebelumnya, tim Bali Spirit Festival mencairkan suasana dengan cara mengajak peserta sosialisasi mengikuti ice breaking.  Pembekalan materi diadakan di dua tempat, yakni di GOR bagi siswa putra dan di perpustakaan bagi siswa putri. Penyajian materi tidak monoton, tetapi sangat bervariasi. Siswa dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok berkesempatan untuk mempresentasikan materi yang berbeda. Setiap materi dilengkapi dengan sebuah gambar Inveksi Menular Seksual (IMS) yang telah disediakan oleh tim Bali Spirit Festival. Berdasarkan gambar-gambar tersebut, tim Bali Spirit Festival memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan. Jawaban pertanyaan tersebutlah yang akan dipresentasikan. Hasil presentasi setiap kelompok akan dibahas dan diberi penguatan oleh tentor. Setelah materi berakhir, peserta sosialisasi diberikan kesempatan bertanya seputar HIV dan AIDS. Pada akhir sesi kedua ini, tim mengajak peserta sosialisasi untuk mengeluarkan kreativitasnya. Pada sesi kreativitas ini, setiap kelompok diminta membuat seperti majalah dinding untuk menyampaikan pesan seputar HIV dan AIDS. Salah satu pesan kelompok yakni “yang perlu kita hindari adalah penyakitnya, bukan orangnya”. Jadi kita tidak boleh mengucilkan para ODH, tetapi harus kita berikan dukungan moril. Sesi terakhir yakni sesi ketiga. Sesi ini berupa pos test. Waktu menyelesaikan soal sekitar 5 menit. 

Sebelum penutupan, peserta diajak ice breaking oleh Tim Bali Spirit Festival yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil tes. Peserta sangat antusias menyimak.

About MAN BULELENG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Patas adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berciri khas Islam, yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply